Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, Luncurkan Sistem Baru Berwisata ke Raja Ampat

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, Luncurkan Sistem Baru Berwisata ke Raja Ampat
Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan

RAJA AMPAT - Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan meluncurkan sistem baru berwisata ke Raja  Ampat, yang berlangsung di Pelabuhan Pariwisata, Distrik Kota Waisai, Ibukota Kabupaten Raja Ampat, Sabtu (22/8/2020).

Peluncuran yang didampingi Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati, pejabat pemerintahan Provinsi Papua Barat, pejabat di lingkungan Pemda Raja Ampat dan sejumlah petinggi TNI dan Polri Papua Barat dan Raja Ampat tersebut ditandai dengan pembukaan selubung papan nama.

“Hari ini kita luncurkan system baru berwisata Raja Ampat, saya berharap untuk tetap menerapkan protocol kesehatan, ” ujar Dominggus Mandacan.

Dikatakannya, pembukaan kegiatan wisata pada masa pandemic Covid-19 dilakukan secara bertahap, dimana tidak semua obyek wisata dibuka demikian juga pengunjung perlu dibatasi.

Tidak semua obyek wisata dibuka. Ada yang dibuka secara online, kita terapkan benar protokol  kesehatan sehingga kegiatan wisata bisa memberikan kenyamanan bagi masyarakat tetapi juga pengunjung itu sendiri.

Mandacan mengharapkan  semua pihak untuk menjaga obyek-obyek wisata untuk kelangsungan pembangunan daerah tetapi juga untuk generasi masa depan daerah.

“Laut harus kita jaga. Hutan juga perlu dijaga untuk memberikan mata air bagi anak cucu kita kelak, ” kata Mandacan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Raja Ampat, Yusdi Lamatenggo kepada jurnalis media center Raja Ampat menjelaskan peluncuran ini akan ditindaklanjuti dengan simulasi dan uji coba.

Dan jika tidak ada halangan maka tanggal 25 Agustus 2020 secara resmi dibuka kegiatan wisata di Raja Ampat, secara khusus dibuka bagi kegiatan wisata domestik.

“Sistem ini menerapkan protokol kesehatan, kebersihan, keamanan dan digital, ” ujar Yusdi, sapaan Yusdi Lamatenggo. (***)